Sabtu, 21 Februari 2015

Permainan Softball

http://blog-nya-newbie.blogspot.com/2015/02/permainan-softball.htmlKali ini kita akan membahas sedikit tentang Olahraga Softball yang merupakan olahraga yang paling banyak di mainkan di Amerika Serikat. Dan tentunya di Indonesia juga ada permainan semacam softball ini yaitu permainan bola kasti. Biar lebih jelas lagi, yuk kita simak penjelasan berikut :

Softball merupakan olahraga yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Di ciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 softball ini dimainkan di dalam ruangan, hingga pada tahun 1930 olahraga softball di ubah menjadi permainan di lapangan terbuka oleh H. Fiscer dan M.J Panley. (Agus Mukholid, 2004 : 58)

Softball merupakan olahraga beregu, dimana setiap regu dimainkan oleh 9 orang pemain dan melakukan permainan selama 7 inning, yang artinya setiap regu mendapat giliran masing-masing 7 kali menjadi pemain bertahan dan 7 kali menjadi pemain penyerang. (Agus Mukholid, 2004 : 58)

Untuk melakukan olahraga softball ini di perlukan beberapa peralatan diantaranya adalah :

  1. Pelindung tangan (glove)
  2. Bola (Softball)
  3. Pemukul
  4. Lenght Guard
  5. Pelindung Wajah (Masker) / Helmt
  6. Pelindung dada (body Protector), dan 
  7. Lapangan Lengkap

Menurut Del Bethel (1987 : 16 - 20) ada beberapa teknik yang mesti dikuasai untuk menjadi seorang pemain softball yang profesional, diantaranya adalah :

  1. Throwing (Teknik Melempar Bola) 
  2. Catching (Menangkap Bola) 
  3. Batting (Memukul Bola) 
  4. Bunting (Menghadang Tanpa Ayunan)
  5. Base Running and Sliding (Lari dari base ke base dan meluncur)
Dalam permainan softball terdapat tiga tipe permainan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Fast pict softball yang artinya permainan ini di tentukan oleh picther (pelempar), dimana pitcher akan melemparkan bola dan melepaskannya terletak di bawah atau sama dari posisi glove.
  2. Modified pitch softball atau biasa disebut dengan modball. Permainan jenis ini lebih banyak digunakan bagi orang-orang yang baru belajar.
  3. Slow pitch softball merupakan permainan yang di gunakan untuk latihan memukul bola, karena pitcher akan terus-menerus memberikan bola ke batter (pemukul) sampai bola bisa terpukul.

Demikianlah tadi penjelasan tentang Olahraga Softball, semoga bisa membantu bagi yang sedang mencarinya. Akhirkata, terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa share artikel ini supaya yang lain juga tahu.


Sumber : Mengenal Olahraga Sofball.pdf Oleh B. Suhartini. Dosen Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY


Load disqus comments

0 komentar