Rabu, 10 Desember 2014

Posisi Pemain Bola Basket

Bola Basket, pada zaman sekrang siapa yang tak mengenal olahraga yang satu ini. Olahraga beregu yang juga di mainkan dengan tangan seperti halnya permainan bola tangan telah ada sejak tahun 1981.Bola basket pertama kali di ciptakan oleh seorang guru olahraga di Springfield, Massachusetts negara bagian Amerika Serikat yang bernama Dr. James Naismith.
http://blog-nya-newbie.blogspot.com/2014/12/posisi-pemain-bola-basket.html

Awalnya pada saat musim dingin Dr James Naismith harus membuat sebuah permainan di ruang tertutup untuk para siswanya di YMCA yang sedang liburan di New England. Kemudian terciptalah Olahraga Bola Basket pada 15 Desember 1981 yang terinspirasi dari permainan masa kecilnya dulu di Ontario. Nama Bola Basket adalah nama yang diberikan oleh salah seorang muridnya.

Permainan Bola basket di mainkan oleh 5 orang dalam 1 regu, yang masing - masing posisinya adalah 
1. Guard
  • Point Guard : pemain pada posisi ini bertugas sebagai pemegang kendali untuk menyerang ke daewah lawan dan biasanya tubuh pemain pada posisi point guard bertubuh kecil.
  • Shooting Guard : Pemain pada posisi ini harus bisa bergerak cepat dan lincah, selain itu pemain pada posisi ini juga harus memiliki keahlian shooting atau tembakan yang akurat, karena tugasnya adalah sebagai pencetak angka.
2. Center
  • Pada posisi ini wajib memiliki tubuh dan loncatan yang tinggi, selain itu keseimbangan tubuh yang tinggi juga dibutuhkan pada posisi ini dan tugas utamanya adalah menjaga ring serta mengambil alih bola jumpball.
 3. Forward
  • Smaal Forward : pada posisi ini pemain harus memiliki kecepatan dan kelincahan lebih dari pemain pada posisi center dan forward. tugasnya adalah membantu pemain posisi fordward untuk merebut bola dari lawan.
  • Power Forward : pada posisi ini pemain harus memiliki pertahanan dan juga ahli bekerja sama pada saat bola rebound ( perebutan bola dibawah ring) bersama center.

Sekian Dulu Untuk Bola Basketnya, Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca... :)

Load disqus comments

0 komentar