Rabu, 25 Desember 2013

Pengertian Senam




Pengertian Senam
Dalam  Buku Senam: Teori dan Praktek menyimpulkan bahwa senam yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga merupakan terjemahan langsung dari bahasa Inggris “Gymnastics”, atau Belanda Gymnastiek. Gymnastics  sendiri dalam bahasa aslinya merupakan kata serapan kata dari bahasa Yunani, Gymnos, yang berarti Telanjang. Dalam bahasa Yunani sendiri, gymnastics diturunkan dari kata kerja gymnazein, yang artinya berlatih atau melatih.

Lalu apa sebenarnya defenisi senam??
Senam sendiri adalah kata ada kata khusus yang dikandungya terdapat keluasan makna yang ingin dicakupkan, sesuai dengan perkembangan berbagai aliran dan jenis senam yang terjadi dewasa ini. Imam Hidayat (1995) mengatakan bahwa senam sebagai: …Suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan senagaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menamnamkan nila-nilai mental spiritual.
Agar mempermudah pengertian senam Imam Hidayat (1996) memberikan pedoman untuk memperjelas pengertian senam:



Maksudnya adalah, jika suatu kegiatan fisik mengandung salah satu atau gabungan dari ketiga unsure diatas, kegiatan itu bisa dikelompokkan sebagai senam.

To Be Continue …
Load disqus comments

0 komentar